Kerajaan Banjar Virtual

Kada Ulun Biarakan Budaya Banjar Hilang di Dunia

Sekilas Hikayat Lambung Mangkurat

Posted by Anak Sultan pada Maret 10, 2007

Menurut hikayat Lambung Mangkurat, Negaradipa (cikal bakal Kerajaan Banjar) didirikan oleh Empu Jatmika, anak saudagar Mangkubumi dari Keling. Ia meninggalkan Keling menggunakan kapal besar bernama si Prabayaksa, diiringi oleh para pengikut setianya Tumenggung Tatahjiwa, Arya Megatsari, dan juru bahasa Wiramartas yang pandai berbagai macam bahasa. Perjalanan mereka memasuki sungai Barito dan sungai Nagara. Amanat yang dibawa oleh Empu Jatmika dari ayahnya adalah  mereka harus menemukan tanah baru dan menetap disana apabila tanah tersebut berbau harum seperti bau pandan. Daerah yang ditemukan adalah pertemuan sungai Nagara dengan sungai Amuntai, disitulah mereka mendirikan sebuah candi dengan gelar Maharaja di Candi. Negaradipa merupakan kerajaan Hindu pertama di Kalimantan Selatan diperkirakan berdiri sekitar abad ke-13. Penduduk asli Negaradipa terdiri dari etnis Ngaju, Maanyan, dan Bukit.

Kerajaan Negaradipa selanjutnya berpindah menjadi Negara Daha, ini merupakan kerajaan Hindu terakhir di Kalimantan Selatan. Kemudian pada abad 16 muncul kerajaan Islam Banjar yang menjadi awal pesatnya perkembangan agama Islam dan kemajuan dalam dunia perdagangan dengan Banjarmasin sebagai pusatnya. Penduduk di Kerajaan Banjar sangat dipengaruhi oleh unsur-unsur Melayu.

4 Tanggapan to “Sekilas Hikayat Lambung Mangkurat”

  1. setan internet said

    Salam kenal, saya orang Jawa, tapi sudah 10 tahun tinggal di KalSel. Bisa diperpanjang nggak asal muasal suku Banjar hingga masa Pangeran Suriansyah? Terima kasih.

  2. husnul said

    sabujurnya kisah lembu mangkurat (versi sebenarnya) ada 2 jilid buku nang kandal banar membacanya kada habis kalu 2 minggu unya tatarusan membacanya, (asal membaca banyaring atau kadangaran urang)
    ulun kada ingat lagi penerbitnya tapi buku itu ada ulun baca di perpustakaan sman 1(smun 1) banjarmasin tahun 1987 (mudahan ada masih tasimpan disana)
    sekedar imfomarsi gasan piyan un handak mencari kisah nang panjang banar

  3. Syam Jr said

    Asslmlkmwrwb.
    Permisi, sekadar ingin berbagi nitip link buat teman teman Banjarmasin http://fiksi.kompasiana.com/prosa/2010/12/22/lembu-bodong-xi/

  4. Yudi said

    Terima kasih sudah paduli lawan banua kita, mohon bisa mendapatkan cerita sejarah banua kita yang mudah dipahami agar anak-cucu bisa mengetahui sejarah banua. Terutama ulun pribadi awam masalah ini. Terima kasih salam dangsanak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: