Kerajaan Banjar Virtual

Kada Ulun Biarakan Budaya Banjar Hilang di Dunia

Pendaftaran Lomba Bakisah

Posted by Anak Sultan pada Maret 24, 2007

Mengulang kesuksesan acara tahun lalu, Disbudpar Kalsel melalui Sub Dinas Bina Kesenian kembali menggelar lomba Bakisah. Penyelenggaraan lomba Bakisah ini adalah upaya untuk terus melestarikan sastra lisan yang dimiliki oleh masyarakat Banjar. Lomba yang direncanakan akan digelar pada tanggal 4 April 2007 di halaman Taman Budaya Kalsel ini akan menampilkan ‘ahli-ahli kisah’ dari berbagai lapisan masyarakat. Melalui lomba ini diharapkan bahasa Banjar dengan berbagai ragam dialek dan kekhasannya dapat terus terpelihara dengan baik.

Drs.H.Syarifuddin R, Kasubdin Bina Kesenian Disbudpar Kalsel mengungkapkan, dalam lomba ini selain mengedepankan pesan moral dalam ujaran khas Banjar, juga dituntut kreatifitas pesertanya, sehingga gaya atau performance peserta yang bersangkutan sangat diutamakan. Termasuk pakaian yang harus mencerminkan kekhasan daerah, atau disesuaikan dengan cerita yang dibawakan. (Harian Radar Banjarmasin, Sabtu 24 Maret 2007)

Dalam lomba bakisah ini biasanya tema yang dibawakan bebas, boleh diambil dari cerita mana saja. Syarat yang terpenting adalah cerita tersebut harus berbahasa Banjar. Logat yang dibawakan peserta juga diberi kebebasan apakah akan memakai logat Banjar Kuala atau Banjar Pahuluan. Cerita yang akan dibawakan nanti harus sesuai dengan unsur budaya daerah serta tidak boleh menyinggung hal-hal yang berhubungan dengan SARA.

Waktu yang diberikan kepada tiap peserta untuk tampil adalah sebanyak 7 (tujuh) menit. Dalam waktu yang diberikan ini peserta bebas mengeluarkan seluruh kemampuan bakisahnya. Gerak yang unik dan suara yang khas bisa ditampilkan, bahkan kalau mau baduduk, badiri, baguling-guling, baluncat-luncat, bakuciak dan lain sebagainya boleh saja asal sesuai dengan tema cerita dan tidak berlebihan.

Yang harus selalu diingat dalam lomba bakisah bahasa Banjar adalah peserta harus menggunakan kosakata asli Banjar, bukan kosakata bahasa Indonesia tapi dengan logat yang di-Banjar-kan. Dewan juri mungkin akan memberikan nilai kurang apabila ada kosakata yang diucapkan oleh peserta bukan kosakata asli Banjar padahal dalam bahasa Banjar ada kosakata tersebut. Peserta diharapkan sebisa mungkin menggali dan mempelajari kosakata yang ada dalam bahasa Banjar untuk dipergunakan saat tampil nanti, kecuali kata tersebut tidak ada di dalam bahasa Banjar sehingga boleh menggunakan kata yang dimaksud.

Hadiah yang diperebutkan sebagai tanda kasih berupa sejumlah uang tunai, trophy, dan piagam penghargaan untuk enam orang pemenang. Lomba ini terbuka untuk umum, siapa saja yang berminat silakan untuk mendaftarkan diri langsung ke Subdin Bina Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalsel, Jalan Pramuka No.4 Banjarmasin telepon (0511) 3274252, atau Taman Budaya Provinsi Kalsel Jalan Brigjen Hassan Basry No.2 Banjarmasin telepon (0511) 3304735. Pendaftaran gratis.

Ayu lakasi siapa haja nang katuju bakisah, lajui umpatan mandaftar, gasan maramiakan wan mamajuakan budaya Banjar.

Kada Ulun Biarakan Budaya Banjar Hilang di Dunia !

4 Tanggapan to “Pendaftaran Lomba Bakisah”

  1. Amun kawak umpatan bakisa jarak jauh malah lebih heboh🙂
    🙂 belum ada lagi pak Urip hehehe mungkin kalo ada teleconference bisa…Pak Urip kalo mau boleh umpat, ke banjarmasin sebentar

  2. hagya sophia jasmine said

    kapan diadakan lomba ini ?
    mohon tanggal, jam dan tempatnya.
    trims

    lombanya sudah lewat mba sophi, tanggal 4 april tadi.

  3. Maulana said

    Trmkh

  4. ernisusiati said

    kalau ada lomba kemungkinan aku akan ikut, kapan di adakan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: