Kerajaan Banjar Virtual

Kada Ulun Biarakan Budaya Banjar Hilang di Dunia

Upacara Mandi Baya

Posted by Anak Sultan pada Maret 26, 2007

Upacara ini dilakukan oleh wanita suku Banjar yang sudah pernah mengalami beberapa kali kehamilan dan melahirkan. Mandi baya terjadi pada kehamilan hitungan ganjil, hamil anak ketiga, kelima, dan seterusnya. Upacara dilaksanakan pada malam hari biasanya sesudah shalat Isya. Air yang dipergunakan untuk mandi adalah air yang sudah dibacakan doa salamat, doa halarat, doa kiparat, dan doa panjang umur serta ditambahkan air yang sudah dibacakan surah Yasin.

Dalam mandi baya ini tidak ada aturan baku dalam pelaksanaannya, setiap wanita boleh berbeda-beda dalam melakukan mandi ini. Tujuannya memohon kepada Yang Maha Kuasa agar melindungi kehamilan kali ini, mereka berharap ibu yang sudah pernah melahirkan diberi izin kembali untuk dapat menjaga janin dalam kandungannya dari gangguan roh-roh jahat dan tekanan-tekanan batin yang bisa mempengaruhi keselamatan serta psikologis ibu dan janinnya.

Mereka yang masih memegang teguh tradisi ini merasa kurang tenteram apabila belum dilakukannya upacara mandi baya. Perasaan kurang tenteram dan takut menolak adat inilah yang mendorong masyarakat Banjar masih melestarikan adat ini sampai sekarang.

Upacara mandi baya pada masa kini hanya dilakukan bersama orang-orang dekat, bersama ibu kandung atau mertua. Tempat pelaksanaannya pun lebih bebas bisa saja dilaksanakan di dalam kamar mandi tanpa harus menyiapkan tempat khusus. Tidak ada makanan atau acara khusus mengiringi upacara mandi baya ini.

Kada Ulun Biarakan Budaya Banjar Hilang di Dunia !

Satu Tanggapan to “Upacara Mandi Baya”

  1. anisa said

    Tata cara upacara mandi baya pas zaman dulu kayapa ka?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: