Kerajaan Banjar Virtual

Kada Ulun Biarakan Budaya Banjar Hilang di Dunia

Anak Sima; Bayi Pemakan Jantung

Posted by Anak Sultan pada April 6, 2007

Cerita rakyat Anak Sima ini penuh misteri, ada beberapa sumber yang saya temui menceritakan bahwa sewaktu beliau kecil memang pernah mendengar jeritan tangis Anak Sima. Cerita ini berkembang di daerah hulu sungai, waktu itu pernah menjadi cerita yang menghebohkan tetapi sekarang tidak banyak lagi anak muda yang mengetahui kisahnya.

Anak Sima berasal dari anak kapang (anak terlahir dari hubungan tidak sah), karena merupakan anak hubungan gelap maka ibu sang bayi membuangnya ke dalam hutan lebat setelah dilahirkan, untuk membuang rasa malu. Bayi yang baru lahir ini menangis sejadi-jadinya karena ia merasa lapar dan kedinginan. Berhari-hari menangis tidak ada seorang pun yang mendengar sehingga hampir mati.

Tiba-tiba saat itu lewatlah Takau (jenis hantu paling kuat dalam cerita rakyat Kalsel, bisa berubah bermacam bentuk dan ilmunya sangat tinggi). Takau yang lewat ini sangat kelaparan, saat ia mendengar tangisan bayi segera ia menuju ke sumber suara.

” aumm (takau dalam bentuk macan) laparnya ai parut ku, nyaman banar bisa bayi ngini lamun kumakan” geram Takau (lapar sekali perutku, sungguh lezat kalau bayi ini kumakan).
Takau pun segera mendekati bayi itu, bayi yang menangis disentuhnya tiba-tiba berhenti menangis. Takau terpesona melihat kecakapan anak ini. Rambutnya ikal,hidung mancung, matanya bulat, bibirnya merah delima, dan tersenyum dengan sangat manis. Takau berubah menjadi bentuk manusia, digendongnya dengan mesra bayi itu, di dalam hatinya tidak ada lagi maksud untuk memakan bayi ini.

“bah, baik ku bawa bulik haja bayi ngini, bungas banar, kujadiakan anakku, kusayangi wan kupalihara” kata Takau kegirangan (wah, sebaiknya kubawa pulang saja bayi ini, cantik sekali, aku jadikan anakku, aku sayangi dan aku pelihara). Bertahun-tahun Takau memelihara bayi yang diberinya nama Anak Sima, tetapi anehnya Anak Sima ini tidak bertambah dewasa bentuknya tetap seorang bayi. Karena dipelihara oleh hantu, maka Anak Sima pun memiliki ilmu hantu dari Takau. Takau dan Anak Sima selalu mengembara ke hutan-hutan, kadang digendong kadang dihambin (digendong di punggung/dibopong) Takau sangat menyayangi Anak Sima. Saat Anak Sima lapar maka ia akan pergi sendiri mencari makanannya. Jenis makanan yang paling disukai Anak Sima adalah jantung manusia hidup.

Anak Sima mempunyai ilmu yang lumayan hebat semacam ilmu pengasih, dengan tangisannya orang akan terpesona sehingga mencari-cari sumber suara, setelah orang itu mendekat Anak Sima dengan mesra akan memanggil orang itu ‘Uma-Uma’ (mama). Orang yang dipanggil akan merasa kasihan dan sayang sehingga tidak mampu menahan keinginan untuk menggendong Anak Sima.

Pada suatu ketika, ada seorang ibu tua yang sedang mengumpulkan kayu bakar memasak di hutan. Tiba-tiba ia dikejutkan oleh bunyi suara tangisan bayi, meskipun dalam pikirannya bingung ada tangis bayi dalam hutan, tetapi tangisan itu sangat menggoda untuk dicari. Diperhatikannya sekeliling untuk mencari sumber tangisan itu, didekatinya, ketika sampai dibawah pohon dilihatnya ada seorang bayi yang sangat cantik rupanya.

“Uma” ujar bayi itu. Perempuan tua sangat terkejut mendengar panggilan itu. Langsung saja timbul rasa iba dan sayangnya pada bayi ini. Segera didekatinya bayi yang tadi memanggilnya dengan sebutan mama.

kur sumangat, anakku” ujarnya (semacam panggilan orang Melayu Banjar, maksudnya mengembalikan semangat yang hilang). Bayi ini segera digendongnya, tetapi anehnya si bayi hanya mau dihambin. Kehendaknya dituruti oleh ibu tua, dalam perjalanan pulang ke rumah dihambinnya bayi ini yang tak lain adalah Anak Sima.

Semakin jauh perjalanan, si perempuan tua semakin merasakan punggungnya berat dan pedih, padahal si bayi badannya ringan. Karena tidak tahan lagi ia pun menengok ke belakang, tetapi yang dilihatnya sangat mengerikan, Anak Sima sedikit demi sedikit memakan daging punggungnya sampai berlubang setelah itu diambilnya jantung kemudian dimakannya. Perempuan tua yang sudah diambil jantungnya segera ditinggalkan lari ke dalam hutan.

Begitulah cara Anak Sima menjerat korbannya. Begitu banyak korban berjatuhan di dalam hutan karena terpesona oleh Anak Sima ini. Semua korban ditemukan dalam keadaan yang hampir sama, tubuh bagian belakang berlubang dan jantungnya telah hilang.

Di daerah yang menjadi sumber cerita ini, sering terdengar bunyi tangisan bayi di samping rumah. Bayi ini menangis sambil memanggil Uma kepada orang di dalam rumah. Bagi yang sudah tahu maka akan menyahut “Aku lainan uma ikam. Uma ikam di anu / di kampung anu” (aku bukan ibumu, ibumu di anu / di kampung anu). Maka Anak Sima yang mendengar jawaban tadi akan segera pergi ke tempat yang disebutkan oleh yang punya rumah. Sehingga terhindarlah mereka dari ancaman Anak Sima.

Menurut kepercayaan, rambut Anak Sima mampu memberi ilmu. Barangsiapa yang memiliki rambut Anak Sima akan mempunyai ilmu menghilang, kebal senjata, dan kaya raya. Tetapi sampai saat ini menurut cerita tidak ada seorang pun yang mampu menangkap Anak Sima untuk dipotong rambutnya.

75 Tanggapan to “Anak Sima; Bayi Pemakan Jantung”

  1. koecing said

    ih… serem banget… klo cerita ada hantu yang makan jantung anak bayi yang baru lahir beda lg ya sama cerita ini?

    yup beda, kalau Anak Sima cuma seorang bayi, kalau yang makan jantung bayi adalah hantu dewasa biasa tergantung ilmu yang diamalkannya.

  2. rina said

    hiii, ngeri!
    hanyar ini nah tahu kisahnya anak sima, pdhal uma wan abah urang hulu sungai
    ternyata banjar bsi crita rakyat yg seram abis!!

    seandainya di ulah film kada kalah lawan film hantu luar negeri apalagi setingnya asli di banua kita, mantap banar

  3. Ari said

    Maa..ngerinya!!Ulun kada pernah mendangar kisah nih!

    aku gen dikisahkan keluarga ku nang pernah mendangar tangisan anak sima ini di sekitar daerah kilometer 5 pantai hambawang, HST. jar sidin anak sima ini rancak diburu-buru urang nang mengaji ilmu sugih.

  4. dewi karim said

    aduhhh ngeri banget
    kok bayi bisa makan jantung manusia sih

    cerita ini apa benar ya?????????????

    menurut narasumber sih begitu, cerita ini didokumentasikan oleh departemen kebudayaan kalsel pada tahun 1984. mengenai kebenarannya kita serahkan kepada Allah SWT.

  5. marlina dewi karim said

    moga adja cerita ini nggk akan terulang lagi di,masa sekarang
    karena kalo terjadi lagi bisa mati semua manusia yang ada di bumi ini, karena adanya bayi pemakan jantung manusia

    semoga saja, intinya semoga tidak ada lagi manusia yang ‘makan’ manusia.

  6. ceritanya sangat serem baget yaa tapi apakah cerita itu benar adanya karna banyak cerita di buat hanya untuk tujuan tertentu saja!!!!
    tapi kalau memang benar adanya saya sangat perihatin, kalau-kalau saja anak itu tidak di buuang di hutan oleh orang tuanya ai tidak akan jadi seperti itu dan pasti jikalau orang tuanya tahu kalau anak yang membuat gempar adalah anaknya ia pasti akan sangat meringis mendung derita “menyesall sekali”

    kalau memang ada tujuan tertentu mungkin maksudnya supaya jangan melakukan hubungan haram dan apabila terlanjur jangan membuang anak yang tidak berdosa

  7. max juned said

    masa sih itu bohongan apa memeng beneran terjadi

    saya juga tidak tahu karena cuma menyampaikan cerita yang didapat dari orang-orang tua di kampung.

  8. mawar said

    uma ai sereeem banget…….. bujuran kah nang itu??!!

    nah mengenai bujur atau kada balum ada yang bisa memastikan, kita ambil pelajaran haja kisahnya.

  9. madsyair said

    untung,tempat saya ndak ada. iiih. atuut.

    hehehe belum tentu, siapa tahu sekarang ada dibelakang kamu hiiiii

  10. ucup said

    pernah sih dengar cerita dari ma2 ku tp anak simanya makan kelamin kalu korbannya laki2 dan kalu korbannya binian payu daranya dirunggut ujar ma2,yang mana yang bujur kada thu jua pang..
    yang jelas anak sima tu anak/orok yang dibuang ma2 yang kada bertanggung jawab/biadab..
    mdh2 dapat ganjaran yang setimpal bagi pelaku pembuang bayi/orok,amiiin…

    amiinn mudahan tidak ada lagi orang yang mambuang bayi semena-mena lawan melakukan hubungan haram

  11. Ulah film haja bang ai kisah tu bagus bangat mun ada senetronnya nah. Urang damini musim maulah film hantu. Cocok luku leh???

    bujur banar, jaka ada produser hakun mandanai maulah filmnya jadi am sudah..mudahan ada produser nang umpat mambaca kisah ini

  12. kada ada komentar,,, bagus bangat tuh diulah sandiwara

  13. anak sima itu anak siapa, parlu carii uma kandungnya

  14. irum said

    ada2 aja kesah banjar ini, iiiiih ngeri banar. dasar pang ulun suah mandangar bayi manangis di hutan (abah bagawi bahari di puruk caho), ma dai haja amun mama ulun bakumat kamit “aku ini kada uma ikam,…….

    ulun bahari kada ngerti kenapa mama ulun bapandir seorangan

    makasih pa ai…

    salam dari negri kincir angin

  15. magical word said

    wow…. i scary to imagine that story….. maybe tat story able to be scary movie

    semoga ada produser film yang mau mengangkat setting daerah cerita anak sima ini

  16. auma said

    ulun hudah lama guna ngaran incaan auma (anak uma). Hanyar ini taho ada cerita Banjar mambari takutan kaini.

    Behh…

    hehehe hayuu ada anak sima🙂

  17. urang kotabaru said

    hiih nah hanyar aja mandangar kisah anak sima, kalau ngayau yang menatak kepala urang dihutan makaam tahu ulun, padahal bahari rajin banar kahutan lawan kekawanan waktu kenanakan

  18. nisa said

    saya pernah diceritakan cerita ini waktu kecil oleh ibu saya. tapi saya pikir cerita ini membuat anak-anak jadi penakut, walau saya sendiri tidak tau kebenarannya.

  19. indogaul said

    di samping rumah saya bisanya terdengar jeritan tangisan anak sima

  20. aidaQue said

    Ups,.. Mual rasanya bayangin dia makan daging + jantung manusia. Tapi kasian juga. dia begitu karna faktor lingkungan yang mebesarkannya kan.?? coba kalau saja dia benar-benar dirawat oleh “uma-nya” sendiri bukan oleh hantu, mungkin dia akan menjadi anak yang baik. yang patut disalahkan bukan si anak. tapi si orang tua yang dengan tega membuangnya ke Hutan. :((
    Tega Banget,….

    ( Hah,..Jadi ingat anak, Wajah Lugu nan riang menyambut ku saat pulang Kerja, Uh,.. Jadi pengen cepat-cepat pulang. Bjorn dan Gilbert .. Bunda Kangen kalian…!!).

    Ngomong-ngomong saya pernah dengar ( dulu sering, sekarang tidak terdengar lagi )tentang mahluk-mahluk yang bisa menyerupai Manusia. kalau dikampung saya nenek sering cerita “MACAN” itu jenis hantu yg bisa neyaru seperti apa aja. bahkan dari cerita temurun keluarga saya ada salah satu keluarga dulu (jaman bahari) yang kawin dengan salah satu mahluk itu.
    dan menurut nenek pula dulu dia sering datang untuk sekedar menyapa.

    Hm.. jadi pengen mengabadikan cerita turunan itu. :(( Tapi udah lupa-lupa.

    :)Salam kenal buat Semua. Senang dengan Blog ini. Kita urang banjar biar jauh kaganangan tarus wan BANUA BAnjar.

  21. Tia said

    Sekedar saran, alangkah baiknya bila cerita rakyat kalsel yang di entri yang bersifat membangun, memotivasi para pembaca. Jangan sampai terkesan orang banjar identik dengan hantu, kuyang dll. Dulu saya pernah membaca buku (stensilan,seperti diktat) cerita rakyat kalsel yang salah satu penulisnya Alm. Drs. Syukrani Maswan (mudah-mudahan tidak salah menulis nama beliau)isinya bagus, sayang buku tersebut hilang dan tidak bisa ditemukan lagi.

    Tapi biar bagaimanapun saya hargai usaha dan semangat melestarikan budaya banjar.

    Bravo urang Banjar!!

  22. RiDe said

    ngeri juga yach ceritanya.saya tertarik dgn budaya banjar karna cwo saya urang banjar..baca cerita tersebut jd menambah pengetahuan…n cerita tersebut jg bisa dijadikan referensi buat kita,khususnya para remaja..Salam kenal buat urang banjar

  23. Andika said

    Assalamulaikum w.b.t.,

    Ulun suah mandangar cerita ni. “Paninian” laki dan bini asal Tanah Banua. Kampung ulun kada ingat. Paninian kadua-dua sudah maninggal dunia.Mun kayaitu, bujur jua carita aruah paninian ni.

    (maar6981@yahoo.com Kedah, Malaysia)

  24. yusah said

    cerita yang bagus cukup menakutkan..
    tapi apa perlu cerita ini dilestarikan???
    apa lagi di film kan…??
    kurasa tak perlulah di filmkan. Nambah kerjaan orang tua tuh..
    he he he..
    wassalam

  25. lida said

    waktu ntu bokap w pernah cerita pas waktu masih kcil
    waktu d msh d pleihari
    rumah w kan da hutannya d sebelah….
    tipa malem ampe minta dianterin ma nini
    minta temenin

  26. hendra said

    assalamualaikum wr wb
    terkadang dalam mitologi dan folklore seringkali termuat pesan moral serta kearifan lokal didalamnya didalamnya…dalam cerita anak sima pemakan jantung…sebagimana cerita-cerita horor lokal lain nya aada dua bentuk kearifan lokal yang ulun lihat atau temukan…yaitu masalah keterkaitan hutan dengan hantu…kearifan lokal nya adalah dengan media folklore, orang-orang bahari cenderung ingin melindungi hutan dari gangguan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab dan kemudahan dalam hal pengawasan anak.
    itu haja komentar ulun salah khilaf ulun ampun maaf
    assalamualaikum wr wb

  27. agus heriyadi said

    bagus jua pang kisah nang ini,,, tapi kada tau bujur kadanya,,ulun ni kada suah pang dikisahkan nang kaya itu maklum rumah ulun di amuntai,,kadada pang kisah kaya itu,,ulun ni di malang wahini,,umpat orang jua sakolah pulang,,handak jua mancari ilmu,,supaya dikampung kaina kawa mambangun daerah khusunya amuntai.. hidup bahasa banjar,,

  28. gilang said

    Sekarang pank di jaman yang maju kaya ini masih ada kada si anak sima nya

  29. gilang said

    maaf ada yang kurang ^^,ulun kuliah di jogja hanyar ja tahu web ini,,klo bsa di tambah foto2 korban pang atau bgs lg foto si anak hima nya tq,,,@_@

  30. elhadi said

    ulun Hadi urang Kandangan badiam di Yogyakarta….wah ngeri sekali..cerita ituh berasal dari daerah mana di Hulu Sungai Tengah?…

  31. si pantul said

    wew…..dasar bujur tuh,,,,kesah bahari…hie……………..mama uln bisa mndangar tangisanx tuh wktu malam di pinggir sumur rmh…taun 2007

  32. bubuhanya dikotabaru said

    uma adakah kisah yg seram kaya itu,yang ulun tahu urang banjar halus budi pekerti n baik hati, kd purun mambuang anak di dalam hutan lagi

  33. bubuhanya dikotabaru said

    uma adakah kisah yg seram kaya itu,yang ulun tahu urang banjar halus budi pekerti n baik hati, kd purun mambuang anak di dalam hutan

  34. mas kumis said

    kisahi lagi pang…..
    yang rame-rame…

  35. izza said

    wooo ramenya kesahnya… tapi kada sakali ini ja pank lun membaca.. dulu pernah jua ulun membaca cerita ANAK SIMA ini WAKTU MASIH KALAS SD, KALO KADA SALAH DI BUKU CETAKAN DARI PEMERINTAH KAL-SEL TENTANG CERITA2 RAKYAT KAL-SEL. tamasuk para Balian SERTA UPACAR ADAT PENYEMBUHAN PENYAKIT DAL LAIN2, dan Datu2 jaman dahulu. kaya datu landak yang manajak tiang mesjid martapura, datu pamulutan dibatakan. kisah desa hantakan , kandangan dall.. tapi sayang bukunya sudah kadada lagi tuhuk mancari kada tatamu.

  36. Nang bagus jd korban badahulu tu orang nang mau ulah anak nya.. knpa anak saling bungasan di buang. hanya karna supan, tega membuang anak ke hutan. Jd ambil arty dari kisah anak sima ni. jangan sampai ita babuat nang kaya kisah ini ok coy!!!

  37. ma seru bnar kisahnya jaka kwa di filmkan nang kya di tv to.menurut saran ulu mun hkun pamarintah provinsi kita ni mau mengangkat kisah rakyat banjar melalui stasiun tv mka pasti budaya kita jd harum bisa terkenal.jngn kalah wan pmrnth pusat di jawa to.

  38. Poeboe@84 said

    Wah laman yang bagus. Teruslah berkarya!
    Bolehkah cerita tentang “Anak Sima, Bayi Pemakan Jantung” ini saya posting di blog saya, karena saya lagi mengumpulkan cerita rakyat dan fabel-fabel. Nanti blog kamu saya link di cerita tersebut. Bagaimana?

    Salam Kenal

  39. Yakuza_ said

    Mantap mantap kisahnya!
    Kisah datu-datu kalsel pang adalah?

  40. baity rahmi said

    iiiiiiiih mambari takutan…
    ,maka mamakan jantung urang nang masih hidup.
    thank u

  41. iyakah…………
    bujuran to,ulun hanyar tahu ada kisah anak sima ni….
    kena handak ulun takuni lawan mama ulun..
    hehe

  42. acoy said

    jadi ingat bahari rancak dikesahakan oleh alm mama, tentang anak sima nang ini, tp kda pernah mandangar pang kejadian yang sebenanrnya….

  43. ARMY said

    Mambari takutan kisahnya. .

  44. iful_@ love said

    dasar ngeri.lah
    kisah anak sima ini bilang hapus..jantung urng hudup d makan nya………!!!!
    kdd bemasak kh mama d rumah……………??
    jadi jantung manusia yg d makan………………….!!!!!!
    begayaan anak sima ai.jngn aq yg d datangi lah……
    aku kibit ikm amun sawat betamu lawan aq……….!!!!!

    SALAM DARI IFUL_ANAK SMA KORPRI……….!!!!

  45. Brian SMADA said

    padahkan pank ulun dongeng2 asal banjar tuh apa z.,.,.,,.,.,.????

    BRIAN SMADA

  46. Ryna said

    Seremm bgt cerita’x..

  47. Brarti anak sima cuman 1 d’dunia d0nk..?

  48. Roney an najmuts tsaaqib said

    Umay lah q lws na begana dikampung kd suah mandangar kesah na nyar disia haja nah jd asa hara aku kacam damia dikampung

    • wak malaya said

      ni carita seram! dah masuk tahun 2010 kadada mandiran lagikah? Tu ngaran nya hantu jadian ujar banjar macam2 ilmu ada; ada kuyang, pananggal, (bahasa Melayu; Pontianak,hantu raya, peleset, bajang dan orang minyak (hantu licin) tok samuanya dilawan awan ilmu jua mun kadada bailmu kada kawa malawan….Tuntut lah ilmu biar sampai kaliang lahat. Di Malaya awal tahun 1900 bahari paninian unda madam kasia napang hutan margala juai kada bamandusia di Salangor nik wayah hitu sidin kada bukah nang bukah malayu ertinya lari.

  49. TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

  50. jani said

    makasih tas infonya

  51. riza amandit dayak loksado said

    Saya dukung pelestarian khazanah cerita rakyat kandangan, kalimantan selatan seperti datuk panglima hamandit, datu ramanggala di ida manggala sungai raya, datu ulin dan asal mula kampung ulin, legenda batu laki dan batu bini di padang batung, legenda gunung batu bangkai loksado, legenda datu ayuh/sindayuhan dan datu intingan/bambang basiwara di loksado, kisah datu ning bulang di hantarukung, datu durabo di kalumpang, datu patinggi di telaga langsat,legenda mandin tangkaramin di malinau, kisah telaga bidadari di hamalau, datu kandangan dan datu kertamina, datu hamawang dan sejarah mesjid quba, tumenggung antaluddin mempertahankan benteng gunung madang, bukhari dan perang amuk hantarukung di simpur, datu naga ningkurungan luk sinaga di lukloa, datu singakarsa di pandai, mesjid ba angkat di wasah, dakwah penyebaran agama islam datu taniran dan datu balimau, kuburan tumpang talu di parincahan, pahlawan wanita aluh idut di tinggiran, panglima dambung di padang batung, gerombolan pemberontak ibnu hajar, sampai cerita tentang perang kemerdekaan Divisi IV ALRI yang dipimpin Brigjen H. Hasan Basyri dan pembacaan teks proklamasinya di Kandangan.Semuanya adalah salah satu aset budaya dan sejarah bagi Kalimantan Selatan.

  52. Efans said

    iiihhh…
    ngeri bgtZ yaCh???
    sampai sekarang masih ada ato enggA’ yaCh Bayi Sima itU???

  53. laras said

    cukup seraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaam

  54. Mako said

    uma ae asa kda wani nahhh

  55. he.eh
    dsrrr bujur ngeri d mna tempatx tuhh ….

  56. nasha said

    beberaPa haRi ini saYa terGanggu dG taNgisN Anak siMa,……………….huh mengerikan bGt,…..jD taKut kaLo maU perGi k’wC sendiRian,………..jD gMana doonnnkk,…….suPaya anaK sima berhenti naGis d’deKat rmaH aQ,………maKasihhh,……….

  57. Rahmat said

    Papa dan mama dulu pernah cerita tentang anak sima, saat aq kecil. Umpama kisah anak sima dibikin film, dan diputar di tv Indosiar, mungkin gak kalah sama cerita Timun mas.

  58. icha banjarmasin said

    cerita “anak sima” ini beneran ada loh friend,,,,aku anak asli banjarmasin dan almarhum nenek aku pernah cerita tentang keberadaan “anak sima” tersebut. bahkan lebih horornya lagi, nenek aku pernah ketemu langsung dengan “anak sima” itu, ketika bertemu itu nenek aku masih umur 18 tahun dan belom menikah. ketika “anak sima” itu berkata “uma”, nenek ku langsung menjawab ” aku lain uma ikam, ikam bahapa di hutan saurangan nang kayaini”, dan ajaibnya bayi itu langsung menjawab peertanyaan dari nenekku “ulun lapar, ulun handak makan”.
    nenek ku hanya diam dan berkata lagi kepada anak sima itu “bulik sana ikam karumah ikam, makan lawan kuitan ikam haja,”. dan sie “anak sima” pun meninggalan nenek ku.

    begitulah cerita yang diceritakan almarhum nenekku ketika beliau masih hidup.

  59. adgjmptw said

    beberapa hri lalu kaka ketumu anak sima lgi…ngeri jhzar m.lhat

  60. sahril said

    mantaappp…bagusss nee kisahnya

  61. ipan said

    Tali pusat anak sima ni yang di ulah urang minyak pelet bungkas pagar buang anak..lamun kana minyak niyate,yang baisian anak gen kada ingat lagi wan anak..mun handak minyaknya aku ada nah..hiiii

  62. buki said

    unda urg martapura prnah jua dikisahkan kyitu tpi kd nngkyitu kesahnya…bahari mun kekelampayan malam2 mun mndangar suara bayi jgn disahuti jer urang..tu anak sima jar

  63. pyar said

    gkgkgkg hantu takaunya bsa bepandir hehehhehehehehehehehehehe amun anak singa aku tahu gkgkgkgkgkg

  64. Purnama Sari said

    whehe lucu.

  65. Maryani cahaya sari said

    Bagus

  66. hei seram,,,, ap kch smpæ skrang msich ad anak sima nya

  67. dania said

    Lebih tepat ny dmna ini ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: