Kerajaan Banjar Virtual

Kada Ulun Biarakan Budaya Banjar Hilang di Dunia

Upacara Batapung Tawar Tian Tiga Bulan

Posted by Anak Sultan pada Maret 17, 2007

Masyarakat Banjar menurut tradisinya zaman dulu sangat memperhatikan usia kehamilan pada hitungan bulan yang ganjil, khususnya masyarakat yang mendiami daerah Batang Banyu mulai dari Margasari sampai Amuntai. Oleh karena itu pada hitungan ganjil inilah upacara menyambut kelahiran biasanya dilaksanakan.

Batapung tawar tian tiga bulan adalah upacara yang dilaksanakan ketika kandungan berusia tiga bulan. Upacara ini dilaksanakan pada hari Jumat dimulai pukul 07.00, hari Jumat dipilih karena menurut kepercayaan merupakan hari terbaik dalam satu minggu untuk melangsungkan upacara. Dalam upacara ini diundang para keluarga dan tetangga di sekitar tempat tinggal, mereka yang diundang umumnya ibu-ibu yang sudah berumur.

Wanita yang hamil tiga bulan tersebut ditapungtawari dengan minyak likat baboreh. Khusus untuk upacara tapung tawar tian tiga bulan ini, minyak likat baboreh dicampur dengan darah ayam tolak bala, yakni darah ayam yang diambil dari babalungan (jambul) ayam. Tempat pelaksanaan upacara tapung tawar di ruangan tengah rumah yang disebut tawing halat. Dalam upacara ini ditunjuk wanita tua yang berpengaruh dan mengerti adat batapung tawar, proses tapung tawar dilakukan dengan cara memercikkan minyak likat baboreh di atas kepala wanita yang hamil tiga bulan dengan harapan memperoleh keselamatan sampai bulan berikutnya.

Kada Ulun Biarakan Budaya Banjar Hilang di Dunia !

3 Tanggapan to “Upacara Batapung Tawar Tian Tiga Bulan”

  1. Yusuf center04 said

    Klu skedar adat istiadat ya tdk apa2..krn ssughnya upcra2/ritual sprt it tdk ad dlm islam..jd tdk ada kharusn/kwjbn utk mngrjaknny…

  2. pasifo98 said

    Reblogged this on amrillmartapuraa and commented:
    Add your thoughts here… (optional)

  3. […] Upacara Batapung Tawar Tian Tiga Bulan https://kerajaanbanjar.wordpress.com/2007/03/17/upacara-batapung-tawar-tian-tiga-bulan/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: